Selasa, 16 April 2013

GEORG WILHELM FRIEDRICH HEGEL (1770-1831)


 GEORG WILHELM FRIEDRICH HEGEL (1770-1831) 

Alles Vernunftige ist wirklich und alles Wirkliche ist vernunftig 

Pendahuluan 

Masih adakah persoalan filosofis yang tersisa dari apa yang telah diupayakan Immanuel 
Kant dengan kritisismenya? Konsepsi filosofis yang dikemukakan oleh Kant pada kenyataannya 
telah  menimbulkan  pertanyaan  baru  yang  lebih  serius.  Di  mata  pengkritiknya,  Kant  tidaklah 
benar-benar menyelesaikan persolan filsafat disekitar rasio, kesadaran dan realitas. Hegel, filsuf 
yang  segera  akan  kita  bicarakan,  bahkan  mempertanyakan  sekaligus  mempersoalkan  tentang 
watak atemporal pengetahuan dan konsepsi nirwaktu kategori-kategori. 

Secara  umum  sanggahan  Hegel  terhadap  konsepsi  filosofis  tentang  watak  atemporal 
pengetahuan  dan  konsepsi  nirwaktu  kategori  dipijakan  di  atas  landasan  dan  pengertiannya 
tentang  ―akal  sehat  atas  pengetahuan  yang  disebutnya  sebagai  ―rasa  kepastian  (sense  of 
certainity).  Teorinya  adalah  –jika  ini  patut  disebut  sebagai  teori—kita  benar-benar  telah 
mencerap benda-benda. Akal sehat memandang bahwa benda-benda benar-benar berada di sana. 
Ia  terlihat,  dapat  didengar  dan  mudah  untuk  disentuh.  Kita  mengenalnya  melalui  pancaindera, 
dan kita merasa pasti tentang hal itu. Karena itu, jika ini dilanjutkan pada level filosofis tertentu, 
pengalaman  manusia  menurut  Hegel  bersifat  langsung  (immediate)  dan  tidak  diperantarai 
(unmediated) oleh kategori apapun. 

Dengan  konsepsinya  tentang  ―rasa  kepastian  ini,  Hegel  sekaligus  juga  mematahkan 
keyakinan  Descartes  tentang  kesadaran  diri  yang  terisolir.  Bagi  Hegel,  kepastian  pengetahuan 
yang  lahir  dari  keyakinan  Cartesian  adalah  tidak  benar-benar  pasti.  Argumennya:  kedirian 
dikonstruksi secara sosial, diciptakan oleh masyarakat melalui interaksi dan dialog antarpribadi. 
Dengan  kata  lain,  kedirian  pada  dasarnya  bersifat  sosial,  bukan  sekadar  psikologis  dan 
epistemologis.  

Pemikiran Hegel tentang Dialektika 
Bagi sebagian orang, Hegel dianggap sebagai ―kekeliruan besar dalam sejarah filsafat.
 1

Tapi  barangkali  karena  ini  pulalah,  ia  adalah  raksasa  dalam  bidang  filsafat.  Di  mata 
                                                 
1
Henry D. Aiken, Abad Ideologi, (Bentang: Yogyakarta, 2002, hal.79. 

pengaggumnya,  Hegel  sering  dipandang  sebagai  titik  puncak  perkembangan  idealisme  pasca-
Kantian  di  Jerman  (karena  pada  dirinyalah  berbagai  sistem  dari  semua  pemikiran  filsafat 
sebelumnya  menemukan  muara).  Hegel  memang  memiliki  segala  persyaratan  untuk  layak 
disebut  sebagai  seorang  filsuf.  Perjalanan  hidupnya  diwarnai  oleh  pengalaman-pengalaman 
berharga yang kelak menjadi bahan penting yang ikut mematangkan sosok filsafat yang hendak 
dibangunannya. Pada usia sembilan belas tahun misalnya, ia dengan penuh semangat mencermati 
seluruh  perkembangan  pencerahan  yang  berkembang  di  Perancis.  ―Dunia  sedang  berubah
begitu komentarnya.  
Hegel juga adalah saksi bagi peristiwa-peristiwa sejarah penting dunia. Pada tahun 1806, 
ketika  ia  mulai  menancapkan  kuku  pengaruhnya  dengan  menerbitkan  buku  pertamanya  The 
Phenomenology  of  Mind
2
,  Napoleon  sedang  berada  di  puncak  menara  kekuasaan.  Tentu  saja 
Hegel  menyaksikan  napsu  Napoleon  yang  hendak  mempersatukan  dan  memprakarsai  era  baru 
internasionalisme.  Hegel  memiliki  pandangan  tersendiri  terhadap  kemenangan  yang  diraih 
Napoleon dalam setiap peperangan. ―Sejarah dunia di atas punggung kuda, begitu tuturnya.
3

Hegel adalah anak sah Romantisme. Dia lahir pada tanggal 27 Agustus 1770 di Stuttgart 
dan  meninggal  pada  14  November  1831  karena  kolera.  Mulai  usia  delapan  belas  tahun    ia 
mempelajari filsafat  dan teologi  di  Universitas Tubingen, Jerman.  Dari  Tubingen ia pindah ke 
Switzerland  dan  memperdalam  filsafat  pengetahuan  di  Frankfurt.  Karir  akademisnya  segera 
menanjak  ketika  ia  mengajar  di  Universitas  Jena  dan  pada  tahun  1805  Hegel  ditasbih  sebagai 
profesor filsafat. 
Dalam filsafat Hegel, kita akan menemukan upaya  yang paripurna untuk  melihat semua 
masalah  dan  konsep  filsafat,  termasuk  konsep  tentang  rasio  itu  sendiri,  dalam  kerangka  yang 
pada dasarnya historis. Bagi Hegel, tak ada ide yang memiliki makna tetap, dan tak ada bentuk 
pemahaman yang memiliki validitas kekal dan tak berubah. Dari titik inilah, Hegel berpendapat 
bahwa  pikiran-pikiran  yang  dikemukakan  oleh  Kant,  Fichte  dan  Schelling,  misalnya,  masih 
terlalu  relatif  dan  hanya  membahas  sebagian  dari  realitas.  Namun  demikian,  dengan  sistem 
filsafat  yang  hendak  dikembangkannya,  Hegel  mau  mengatasi  dan  memanfaatkan  unsur-unsur 
                                                 
2
Sebuah buku yang menyajikan perjalanan panjang tentang konsepsi ketdaksadaran manusia dari mulai 
yang paling elementer sampai yang paling melingkupi dan rumit. Perhatian utama dari Phenomenology adalah
hakikat Roh (Geist), jiwa kosmis, yang meliputi manusia dan seluruh alam. 
3
Robert C Solomon, Katheleen M. Higins, Sejarah Filsafat, (Bentang,:Yogyakarta,  2002), hal. 425. 

kebenaran  dalam  sistem  filsafat  sebelumnya  itu.  Das  Wahre  ist  Geist  das  Ganze,  kata  Hegel: 
kebenaran harus disamakan dengan keseluruhan; kebenaran mencakup segala sesuatu yang ada.
4

Jadinya,  filsafat  Hegel  adalah  filsafat  perubahan,  seperti  pemikiran  filsuf  kuno  pra 
Sokrates,  Heraklitus,  yang  sangat  dihormati  Hegel.  Titik  perbedaannya  adalah,  bagi  Heraklitus 
―Perubahan  adalah  raja.  Namun,  sebagaimana  yang  diandaikan  oleh  kiasan  itu,  Heraklitus, 
seperti  kebanyakan  filsuf  Yunani  lainnya,  percaya  bahwa  semua  perubahan  bersumber  pada 
suatu ―logos, sedangkan dirinya sendiri tidak kena oleh hukum perubahan. Sedang bagi Hegel, 
sejarah  berarti  perkembangan;  setiap  proses  historis  adalah  sesuatu  yang  baru  di  dunia  ini,  dan 
tak ada sesuatupun yang tetap sama persis seperti keadaan sebelumnya.  
Yang  biasanya  disebut  dengan  filsafat  Hegel  terutama  adalah  metode  untuk  memahami 
kemajuan  sejarah.
5
  Dalam  filsafat  Hegel,  metode  itu  disebutnya  dengan  dialektika.  Dialektika 
merupakan  terobosan  baru  dan  sebentuk  perlawaan  terhadap  dominasi  logika  tradisional 
Aristotelian  selama  berabad-abad.  Melalui  dialektika  sebagai  ujung  tombak  filsafatnya,  Hegel 
menolak  dua  hal  yang  sangat  mendasar  dalam  logika.  Pertama,  logika  dipahami  sebagai  studi 
tentang  pikiran.  Kebenaran  yang  hendak  direngkuhnya  adalah  kebenaran  formal  yang  tidak 
memiliki  signifikansi  ontologis.  Kedua,  prinsip  identitas  yang  menyatakan  bahwa  satu  entitas 
dengan  oposisinya  saling  mengecualikan,  berdiri  sendiri-sendiri,  dan  bertentangan  secara  logis: 
A adalah A, dan bukan non A.
6

Dalam  buku  yang  dibesut  untuk  pertama  kalinya,  yaitu  The  Phenomenology  of  Mind
Hegel  meyakini  bahwa  tidak  ada  realitas  objektif  yang  terpisah  dari  pikiran  manusia.  Pikiran 
adalah realitas objektif dan realitas objektif adalah pikiran.
7
 Logika dengan demikian, bukanlah 
sekedar  upaya  untuk  merumuskan  kebenaran  formal,  melainkan  ia  dapat  direntang  sekaligus 
memiliki  signifikansi  ontologis  dimana  benak  membentuk  realitas  sehingga  kajian  tentang 
pikiran  akan  mengungkap  prinsip-prinsip  yang  menata  realitas.  Pandangan  Hegel  tentang  tidak 
adanya jarak  antara pikiran dan kenyataan ini, sebenarnya, merupakan perlawanannya terhadap 
                                                 
4
P.A. van der Weij, Filsuf-filsuf Besar tentang Manusia dalam Hegel: Refleksi Absolut, (Gramedia: 
Jakarta, 1991), hal. 99.  
5
Jostein Gaader, Dunia Sophi: Sebuah Novel Filsafat, (Mizan: Bandung, 1996), hal.393.  
6
Donny Gahral Adian, Pilar-pilar Filsafat Kontemporer, (Jalasutra: Yogyakarta, 2002), hal.27.  
7
Inilah yang dimaksud dengan pernyataannya, bahwa ―Semuanya yang real bersifat rasional dan semuanya 
yang rasional bersifat real (Alles Vernunftige ist wirklich und alles Wirkliche ist vernunftig). Maksudnya, luasnya
rasio sama dengan luasnya realitas. Realitas seluruhnya adalah proses pemikiran (atau ―Idea
 menurut istilah yang
dipakai Hegel). Konon, pernyataan ini sebenarnya berasal dari Thomas Aquinas, lihat P.A. van der Weij, Filsuf-
filsuf Besar tentang Manusia
 dalam Hegel: Refleksi Absolut hal. 102, lihat  juga K. Bertens, Ringkasan Sejarah
Filsafat
, (Kanisius: Yogyakarta, 1983), hal. 68.  

konsepsi Immanuel Kant tentang adanya  wilayah das Ding an sich (the thing in itself). Dengan 
ini,  Kant  meyakini  bahwa  ada  realitas  yang  tidak  dapat  dikenali  oleh  pikiran  manusia.  Ada 
sejenis  kebenaran  yang  tak  dapat  disentuh.  Bagi  Hegel,  kebenaran  itu  subjektif.  Sebab,  semua 
pengetahuan adalah pengetahuan manusia. Sebenarnya, penolakan terhadap konsep das Ding an 
sich  (the  thing  in  itself)  telah  menjadi  mode  filsafat  pasca-Kantian.  Keyakinan  Kant  ini  sering 
digambarkan  sebagai  suatu  kesalahan  dan  kecerobohan  (oversight)  yang  dapat  menghancurkan 
semua usaha kritis. 
Dalam  pandangan  dialektika,  apapun  yang  ada  merupakan  kesatuan  dari  apa  yang 
menjadi  lawannya.  Dalam  sejarah  misalnya,  suatu  pemikiran  biasanya  diajukan  atas  dasar 
pemikiran-pemikiran  lain  yang  sebelumnya  pernah  diajukan.  Tapi  begitu  suatu  pemikiran 
diajukan, ia akan dihadapkan pada pemikiran lain. Suatu ketegangan akan muncul diantara dua 
cara  berpikir  yang  saling  bertentangan  ini.  Tapi  ketegangan  itu  akhirnya  dapat  dicairkan  oleh 
munculnya pemikiran ketiga yang dapat menunjukkan hal-hal terbaik dari kedua sudut pandang 
tersebut.  Inilah  yang  oleh  Hegel  disebut  sebagai  ―proses  dialektis  yang  meliputi  tiga  tahap: 
tesis, antitesis dan sintesis.  
Menurut Hegel, dalam sintesis itu tesis dan antitesis menjadi ―aufgehoben. Kata Jerman 
ini mempunyai lebih dari satu arti. Di satu pihak kata ―aufgehoben berarti dicabut, ditiadakan, 
tidak berlaku lagi. Tetapi di lain pihak kata tersebut berati juga diangkat, dibawa pada tarap yang 
lebih  tinggi.  Dengan  perkataan  lain,  dalam  sintesis,  baik  tesis  maupun  antitesis  mendapat 
eksistensi  baru.  Atau  dengan  perkataan  lain  lagi,  kebenaran  yang  terkandung  dalam  tesis  dan 
antitesis  tetap disimpan dalam sintesis, tetapi  dalam bentuk  yang lebih sempurna. Dan ini akan 
berlangsung terus. Sintesis yang dihasilkan dapat menjadi tesis pula yang menampilkan antitesis 
lagi dan akhirnya dua-duanya dapat diperdamaikan menjadi sintesis baru. Maka dari itu, proses 
dialektika sebaiknya dikiaskan dengan gerak spiral dan bukan dengan garis lurus.
8

Jika filsafat mempersoalkan tentang pertanyaan. Maka, pertanyaan kita terhadap metode 
dialektika yang diyakini Hegel ini adalah darimanakah prinsip dialektika ini berasal? Titik tolak 
atau  tesis  dari  pemikiran  dialektika  yang  dikemukakan  oleh  Hegel  berasal  dari  Idee  an  sich
kesatuan antara Ada dan pemikiran, yang belum dibedakan.
9
 Atau, kita dapat katakan: Ada yang 
berpikir  dan  pemikiran  yang  ada.  Dalam  ide  yang  merupakan  asal  usul  ini  terkandung  ―segala 
                                                 
8
K. Bertens, Sejarah Filsafat Barat, hal. 69. Lihat juga C.A. Van Peursen, Menjadi Filsuf: Suatu 
Pendorong ke Arah Berfilsafat Sendiri, (Qalam: Yogyakarta, 2003), hal. 61. 

sesuatu, tetapi ia abstrak dan tidak konkrit. Munculah antitesis atau penyangkalan terhadap ide 
abstrak oleh ide kongkrit (Idee ausser sich) atau alam. Pemikiran dan Ada kongkrit (alam). Alam 
dan ide nampaknya asing satu sama lain, namun demikian pada kenyataannya alam berasal dari 
ide,  namun  ia  diposisikan  sebagai  kebalikannya.  Pemikiran  dan  Ada  kongkrit  (alam)  kini  telah 
berdiri  sendiri,  saling  bertentangan.  Pertentangan  ini  lama  kelamaan  menghilang,  karena  ide 
yang terkandung dalam alam dibangunkan oleh ksadaran manusia dan pengetahuan tentang alam. 
Ilmu pengetahuan  alam  dan filsafat  alam menyatakan lagi  ide di  dalam  alam sebagai  dasarnya. 
Sintesis mulai muncul yaitu sebentuk kesatuan yang baru antara pemikiran dan Ada (Idee an sich 
dan Idee ausser sich)  yang sudah mengalami pembedaan dengan lahirnya Roh atau Ide (Ide an 
und fur sich).
10

Dalam pemahaman Hegel,  Roh atau  Ide ini dikenal  melalui upaya saling pengaruh  atau 
dalam komunikasi orang perorang. Roh atau Ide pertama kali mewujudkan dirinya dalam bahasa. 
Dan bahasa adalah sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari individu manusia. Karena itu bukan 
individu yang menciptakan bahasa, melainkan bahasalah yang menciptakan individu.
11
 Menurut 
Hegel  selanjutnya,  Ruh  atau  Ide  ini    kembali  pada  dirinya  sendiri  dalam  tiga  tahap.  Pertama-
tama, Ruh atau Ide sadar akan dirinya sendiri dalam individu. Hegel ini sebagai Ruh Subjektif. Ia 
kemudian  mencapai  kesadaran  yang  lebih  tinggi  dalam  keluarga,  masyarakat  dan  negara. 
Menurut  Hegel  ini  disebut  sebagai  Ruh  Objektif,  sebab  ia  muncul  dalam  interaksi  dan  dialog 
antara orang-orang. Selanjutnya menurut Hegel, Ruh mencapai bentuk perwujudan dirinya yang 
tertinggi dalam Ruh Mutlak. Ruh Mutlak tiada lain adalah seni, agama dan filsafat. Diantara tiga 
ini, bagi Hegel, filsafat adalah bentuk pengetahuan tertinggi. Sebab, dalam filsafat Ruh atai Ide 
memancarkan pengaruhnya sendiri dalam sejarah. Jadi Ruh, pertamakalinya menemukan dirinya 
dalam filsafat. 

Struktur  dasar  dari  dialektika  Hegel  berdasarkan  pemahaman  di  atas  pada  dasarnya 
adalah dialog. Berfilsafat pada dasarnya hanya mungkin terjadi apabila orang bersedia membuka 
diri pada sesama manusia. Dalam pengertian filsafat sebagai suatu dialog, berbagai hal diuraikan 
dan  bermacam  segi  dari  suatu  persoalan  ditonjolkan  dan  dijelaskan.  Cara  dialog  ini  bisa 
berlangsung dengan baik karena memberikan kesempatan bagi  orang  yang terlibat dalam suatu 
dialog untuk mengemukakan pendapatnya masing-masing. 
                                                                                                                                                             
9
Pahami lagi pernyataan Hegel tentang tidak adanya jarak antara pikiran dan kenyataan. 
10
P.A. van der Weij, Filsuf-filsuf Besar tentang Manusia, hal. 103.  


Di sini perlu juga dikemukakan gagasan mendasar lainnya yang dikemukakan oleh Hegel 
sebagai implikasi dari prinsip dialektika yang diyakininya, yaitu konsepsinya tentang kebebasan 
–yang  dikemudian  hari  ia  menjadi  magnet  yang  menarik  minat  para  filsuf  eksistensialis  untuk 
membicarakannya. Bagi Hegel, kebebasan adalah kemampuan untuk merealisasikan diri sendiri. 
Diri,  bukanlah  suatu  ego  murni;  secara  konkrit  ia  adalah  personalitas  yang  memiliki 
kecenderungan  dan  kapasitas  yang  pasti.
12
  Bagi  Hegel,  langkah  pertama  menuju  pengetahuan 
diri dan pembudayaan diri adalah pengakuan atas keikutsertaan seseorang dalam komunitas yang 
berkembang  secara  historis.  Hanya  dengan  cara  inilah  orang  bisa  menemukan  dirinya  sendiri 
sebagai  manusia  yang  utuh.  Pribadi  yang  bebas  menurut  Hegel,  adalah  yang  mampu 
mengidentifikasikan  dirinya  sendiri  dengan  tugas  dan  tanggungjawab  yang  diberikan  padanya 
oleh  negara,  yang  bagi  Hegel  seperti  yang  telah  dikemukakan  di  atas  sebagai  perwujudan  dari 
Ruh Objektif. 

Ajaran Hegel tentang kebebasan tidaklah benar-benar anti-individualistis. Hegel memang 
memandang  negara  sebagai  ―perwujudan  kebebaan  rasional  yang  merealisasikan  dan 
mengorganisasikan dirinya dalam bentuk yang objektif. ―Negara, ujar Hegel, ―adalah Ide Roh 
dalam  bentuk  manifestasi  kehendak  manusia  dan  kebebasannya.  Tetapi  bentuk-bentuk 
―objektif  kebebasan  itu  bukanlah  satu-satunya  bentuk-bentuk  kebebasan.
13
  Tahap  kebudayaan 
manusia  yang  tinggi  seperti  telah  dinyatakan  di  atas  hanya  tercapai  dalam  seni,  agama  dan 
filsafat.  Filsafat  Hegel  tentang  kebebasan,  jadinya  adalah  sebentuk  kombinasi  yang  terlihat 
paradoksal  antara  kepatuhan  ataupun  pengabdian  kepada  negara  dan  kebebasan  spiritual  yang 
bersifat  batiniah,  yang  sebenarnya  menjadi  trend  di  kalangan  intelektual  Jerman.  Dalam  kasus 
Hegel, akan tampak terlihat adil jika dikatakan bahwa ia menganggap ketaatan terhadap negara 
atau  terhadap  tugas-tugas  dalam  kehidupan  bermasyarakat    hanyalah  salah  satu  aspek  dari 
pembudayaan diri. 

Lebih Jahuh dengan Dialektika Hegel 
Semua  pengetahuan  adalah  pengetahuan  manusia,  jadi  tidak  ada  kebenaran  yang  tidak 
dapat  dicapai  oleh  manusia.  Jadi  tak  ada  kebenaran  yang  das  ding  an  sich  sebagaimana 
diangankan oleh Imanuel Kant.  
                                                                                                                                                             
11
Jostein Gaader, Dunia Sophi: Sebuah Novel Filsafat, hal. 401.  
12
Henry D. Aiken, Abad Ideologi, hal. 89.  

Imanuel  Kant  mengumumkan  suatu  bahwa  manusia  memiliki  akal  budi  yang  otonom. 
Akal  budi  manusia  sanggup  memberi  putusan  (judgement)  atas  peristiwa  benda-benda 
(fenoumena) yang dialaminya tanpa bantuan dari pihak manapun kecuali dari dalam dirinya saja. 
Tapi  bagaimana  cara  merealisasikannya  jika  Kant  juga  meyakini  bahwa  dalam  diri  benda  atau 
juga  dalam  akalbudi  ada  sifat  das  ding  an  sich  (benda  pada  dirinya  sendiri).  Artinya  benda 
sebagai obyek hanya diketahui segalanya oeh benda itu sendiri; akalbudi yang otonom itu harus 
berhadapan dengan kenyataan ini, sehingga otonomi itu tidak berarti apa-apa terhadap benda di 
luar  dirinya.  Akal  budi  Kant  tidak  dapat  menjadi  obyektif  karena  tak  pernah  sampai  mengerti 
terhadap obyek. 
Hegel  mencoret  das  ding  an  sich.  Hegel  kepingin  otonomi  penuh  dari  akal  budi  yang 
berbentuk  kemampuan  merealisasikan  diri  tanpa  halangan  apapun.  Akal  budi  juga  tidak  harus 
kritis  pada dirinya sendiri, tetapi  ia harus ―affirmatif (membenarkan dan menyatakan dirinya) 
karena  pada  hakekatnya  akal  budi  telah  mencapai  kesempurnaan  pada  dirinya  sendiri,  yakni 
kesempurnaan dalam Roh. Ajakan Kant untuk mengkritisi diri sendiri mengandaikan suatu hal, 
bahwa diri manusia belum sempurna dan hanya sempurna jika dikritisi, diamati agar tidak salah 
jalan.  Padahal,  Hegel  berpendapat  bahwa  akal  budi  manusia  merupakan  penjelmaan  dari  Roh 
atau  akal  budi  absolut;  sedang  Roh  itu  sempurna;  sehingga  akalbudi  manusia  juga  sempurna 
(dalam Roh). 
Bagaimanakah  proses  akal  budi  yang  telah  mencapai  kesempuraan  diri  (dalam  Roh) 
mengejawantahkan dirinya. Proses pengejawantahan ini tercakup dalam pengertian dialektika.  
Untuk dialektika akan dikemukakan beberapa pengertian
14
1.

Berpikir secara dialektik berarti berpikir dalam totalitas.  
Totalitas  ini  tidak  cuma  berarti  keseluruhan  dalam  keberbedaan  yang  tak  saling  kenal 
dalam  diam.  Namun  totalitas  yang  diinginkan  adalah  keseluruhan  yang  mempunyai  unsur-
unsur  yang  saling  bernegasi  (mengingkari  dan  diingkari),  saling  berkontradiksi  (melawan 
dan dilawan) dan saling bermediasi (memperantarai dan diperantarai).  
Pemikiran  dialektis  mengajarkan  bahwa  kehidupan  ini  berada  dalam  keberagaman  yang 
saling menyapa dalam modus negasi, kontradiksi dan mediasi. Tak ada satupun realitas yang 
beragam sekaligus seragam. Keseragaman dalam keberagaman hanya melahirkan kesadaran 
                                                                                                                                                             
13
Henry D. Aiken, Abad Ideologi, hal. 90. 
14
 Disarikan dari uraian St Sunardi, Dilema Manusia Rasional, Kanisius, Yogyakarta. 

yang kosong belaka. Kue bala-bala, misalnya, merupakan realitas  yang terdiri  dari beragam 
unsur yang tidak seragam; ada kontardiksi bentuk antara tepung (padat tapi lembut), sayuran, 
air  dan  minyak  panas;  mereka  juga  saling  mengingkari  namun  lewat  air  (diadonkan)  dan 
minyak panas mereka saling bermediasi.  
Hegel  mencontohkan  dan  mengkhususkan  dialektiknya  pada  hubungan  manusia  dan 
msyarakat.  Baginya  tak  pernah  ada  hubungan  manusia  (individu)-  masyarakat  sebagai 
hubungan  tanpa  mediasi,  negasi  dan  kontradiksi.  Karena,  tanpa  proses  itu,  manusia  dalam 
masyarakat tidak akan sampai pada penemuan dirinya; dan tanpa masyarakat tanpa individu 
manusia  akan  menstatiskan  konstruk  masyarakat  sebagai  begitu  saja  tanpa  perubahan. 
Hubungan  dialektika  manusia-masyarakat  tidak  bisa  diartikan  sebagai  kompromi  atau 
mufakat.  Pemufakatan  adalah  penyeragaman  unsur-unsur  yang  beragam  tanpa  disertai 
kesadaran.  Penyeragaman  ini  pada  tingkat  ekstrem  akan  menghasilkan  peniadaan  unsur-
unsur  paling  lemah  dalam  keberagaman  itu.  Padahal  dialektika  hanya  terjadi  jika  disertai 
dengan kesadaran pencarian jati diri.  
Dialektika 
justru 
mengharuskan 
unsur-unsur 
beragam 
itu 
saling 
bertarung 
(berkontardiksi) sebab semua unsur dianggap memiliki  kebenaran, dan karenanya tidak  ada 
satupun yang ditiadakan. 
Dialektika membiarkan unsur saling bernegasi, dengan saling mengingkari dan diingkari. 
Setiap  unsur  berhak  mempertahankan  keberadaan  dirinya  sendiri  sekaligus  secara  serentak  
makin  memahami  keberadaan  dirinya  sendiri.    Sementara  itu  juga  ia  tidak  boleh 
mengorbankan  unsur  yang  lain  sedemikian  saja,  karena  unsur  yang  lain  juga 
mempertahankan dirinya dengan cara mengingkari kebenaran unsur yang lain darinya.  
Dielektika  membiarkan  unsur-unsur  bermediasi.  Tiap  pihak  merasa  diperkaya  jika  ia 
diperantarai  oleh  lawannya.  Lawannya  ternyata  memiliki  dan  memberikan  apa  yang  tidak 
dipunyainya,  demikian  pula  sebaliknya.  Maka  lawan  yang  semula  diingkari  dan  dilawan 
justru dibutuhkan demi penemuan diri.  
Maka, dengan demikian,  tidak bisa kita mengartikan dialektika sebagai thesis-antithesis-
sinthesis.  Ketiga  jalinan  thesis  hanya  akan  menjebak  kita  pada  pikiran  yang  saling 
meniadakan  untuk  menghasilkan  perpaduan.  Dialektika  mengarah  pada  tujuan  rekonsiliasi 
(aufgehebung) dimana tercakup pengertian ―pembaharuan, penguatan, dan perdamaian.  

2.

Kedua,  Seluruh  proses  dialektika  terjadi  dalam  ―realitas  yang  sedang  bekerja  (working 
reality).  
Jika  dialektika  berlaku  bagi  semua  realitas,  maka  berarti  bagi  Hegel  realitas  merupakan 
sesuatu  yang  dinamis.  Ini  berhubungan  dengan  keyakinan  Hegel  bahwa  realitas  dunia  ini  
merupakan  proses  dari  pernyataan  diri  akal  budi  manusia  yang  telah  mencapai 
kesempuranaan dalam Roh Absolut.  
3.

Berpikir dialektis berarti berpikir dalam perspektif empiris historis.  
Di sini perlu dibedakan antara kontradiksi dialektis dan kontradiksi logis. Menurut logika 
tradisional,  dua  preposisi  yang  saling  bertolakan  (tesis  dan  antitesis)  tidak  pernah  benar 
kedua-duanya.  Menurut  pemikiran  dialektis,  pemikiran  logika  tradisional  tidak  memadai 
dalam perspektif empiris-historis.  
Dalam  kenyataan  empiris,  setiap  preposisi  mempunyai  hak  untuk  berada  dan  dianggap 
benar,  sehingga  tidak  bisa  begitu  saja  ditiadakan  atau  dianggap  tidak  benar  oleh  preposisi 
lawannya.  Dengan  demikian  dialektika  menolak  anggapan  formal  yang  melihat  suatu 
preposisi  dari  kebedaan  bentuknya.  Dialektika  mengajak  kita  untuk  lebih  menekankan  isi 
atau substansi dari masing-masing kenyataan empiris yang tidak boleh saling mengecualikan.  
Misalnya, kita tidak bisa berpikir bahwa ‗lurus sebagai lawan  ―tidak lurus melainkan 
sebagai  berlawanan  dengan  ―bengkok  atau  ―melengkung,  ―zig-zag  dan  lain  sebagainya. 
Teori dialektika menolak teori identitas subyek-obyek. 
 Teori  identitas  subyek-obyek  menekankan  bahwa  kesadaran  (subyek)  sudah  mencapai 
kesatuannya  dengan  hal-hal  di  luar  kesadaran  (obyek),  sehingga  hal-hal  di  luar  kesadaran 
sudah merupakan obyektifikasi sempurna dari kesadaran, dan dengan demikian tercapai pula 
identitas  antara  apa  yang  memahami  (subyek)  dan  apa  yang  dipahami  (obyek).  Paham 
identitas meyakini bahwa subyek bisa membuat ada realitas. 
Sedangkan dialektika melihatnya dari sisis empiris-hostoris. Dilihat dari empiris-historis, 
realitas  dan  kesadaran  selalu  saling  mengasingkan:  realitas  selalu  menjadi  hambatan  bagi 
kesadaran  untuk  merealisasikannya  secara  penuh,    sedang  kesadaran  terlalu  miskin  untuk 
meraup semua kekayaan realitas.  
Dalam kehidupan ini selalu terjadi konflik antara realitas dan kesadaran, sebab kehidupan 
ini  bukan  suatu  realitas  melainkan  realisasi.  Realisasi  yang  mengarah  kepada  kesatuan 
subyek obyek secara makin sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar