VELINO MONTHANA
14109970 / 4KA24
Pendahuluan
1.1 Pengertian ATM
ATM (Automatic teller machine atau automated teller machine; diIndonesia juga kadang merupakan singkatan bagi anjungan tunai mandiri) adalah sebuah alat elektronik yang mengijinkan nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang "teller" manusia. Banyak ATM juga mengijinkan penyimpanan uang atau cek, transfer uang atau bahkan membeli perangko.
1.2 ATM Bank BNI
1.2.1 Fitur dan layanan
Kartu ATM Bank BNI memiliki berbagai manfaat transaksi perbankan antara lain :
• Informasi saldo
• Penggantian PIN
• Penarikan uang tunai
• Transfer uang antar bank anggota ATM Bersama
• Pembayaran tagihan rutin untuk tagihan telepon dan listrik
• Pembayaran
tagihan produk telekomunikasi
• Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan
• Pembayaran biaya perpanjangan Pajak Kendaraan Bermotor
• Pembayaran premi asuransi
1.2.2 Seputar kartu ATM Bank DKI
• Transaksi dapat dilakukan di ATM Bank BNI atau ATM Bersama
• Untuk kemudahan dan kecepatan pelayanan dan efisiensi biaya transaksi,manfaatkan Kartu dan Mesin ATM Bank BNI untuk bertransaksi
• Untuk mendapatkan Kartu ATM Bank BNI, anda cukup mengajukanpermohonan pembuatan tabungan baru di Bank BNI, dengan sendirinya anda akan mendapat kartu ATM sebagai salah satu fasilitas mebuka tabungan.
• Setelah anda menerima Kartu ATM Bank BNI tidak dapat langsungdipergunakan untuk bertransaksi, karena harus diaktifkan terlebih dahulu olehKantor Layanan Bank BNI maksimal 8 hari setelah kartu diterima.
• Segera hubungi Call Center Bank BNI (021-5789 9999) untuk pemblokiran kartu, apabila Kartu ATM Bank BNI atau ATM berlogo ATM Bersama.Segera hubungi Call Center Bank BNI (021-5789 9999) atau Kantor LayananBank BNI terdekat, apabila saat bertransaksi uang tidak keluar tetapi rekeningterdebet
• Klaim terdebet dapat diselesaikan 2 sampai 14 hari kerja terhitung daritanggal pengaduan diterima oleh Call Center Bank BNI.
• Batas waktu Klaim Uang terdebet yang dapat diproses maksimal 75 harikalender dari tanggal transaksi.
1.3 ATM Bank Mandiri
Anda dapat melakukan aktivitas perbankan melalui lebih dari 2.500 Mandiri ATM yang tersebar di lokasi-lokasi yang strategis di seluruh propinsi di Indonesia. Berbagai jenis transaksi dapat dilakukan di Mandiri ATM, mulai dari pembayaran tagihan, isi ulang pulsa, pembelian tiket, inquiry, transfer antar rekening, cetak 5 transaksi terakhir, dll.
Layanan Mandiri ATM dapat dimanfaatkan setiap saat, 24 jam sehari 7 hari seminggu. Selain menggunakan Kartu Mandiri, Mandiri ATM juga melayani transaksi menggunakan kartu Mandiri VISA, Kartu BSM, kartu berlogo Link serta kartu berlogo Visa/Plus/Visa Electron
Layanan Mandiri ATM tersedia dengan gratis (kecuali untuk pembayaran listrik dan pencetakan mutasi). Untuk informasi lengkap atau apabila terdapat permasalahan dalam penggunaan Mandiri ATM, nasabah dapat menghubungi layanan Call Mandiri 14000
1.3.1 Fitur dan Layanan Mandiri ATM
1. Fitur Standar / Akses ke Rekening
Penarikan Tunai, Inquiry Saldo, Transfer Antar Rekening, Penggantian PIN, Inquiry Rek. Valuta Asing, Inquiry Rek. Pinjaman, Cetak 5 Transaksi Terakhir.
2. Payment Umum/Utilities/Open Payment
Mandiri Visa, PLN, Tiket Garuda, Kompas, XL Kita, OTO-Multiartha, AXA Mandiri, BSI, AMIKOM, Indovision, Indosatnet, CBN, Air Efata.
3. Pembayaran Tagihan Telepon
Telkom, kartu Halo, Matrix, IM3 Bright, XL/Xplor, FREN, Esia, Telkom Flexi.
4. Isi Ulang Pulsa;
Simpati, Mentari, IM3 Smart, FREN, Esia, Flexi Trendy, XL/bebas.
5. Registrasi
SMS Banking Mandiri, Internet Banking Mandiri, Call Mandiri.
6. Kartu Mandiri Visa
Cash Advance, Inquiry Tagihan.
1.3.2 Layanan mATM Bank Mandiri
Dengan Layanan mATM Bank Mandiri, nasabah Bank Mandiri yang telah menjadi pengguna SMS Banking Mandiri sekaligus pelanggan kartuHalo naviGator 64Telkomsel bisa melakukan pembelian barang dan tarik tunai di pedagang yang berlogo mATM Mandiri langsung dari ponselnya. Pedagang/merchant mATM Mandiri adalah nasabah Bank Mandiri pengguna SMS Banking yang sekaligus menjadi pelanggan kartuHALO mPOS. Dengan layanan mATM ini merchant dapat melayani pembelian barang dan tarik tunai pengguna SMS Banking Mandiri pelanggankartuHALO naviGator 64 Telkomsel. Untuk memperoleh sim card kartuHalo naviGator 64 atau kartuHALO mPOS Telkomsel pelanggan harus datang ke outlet graPARI terdekat.
Layanan mATM bisa dinikmati di semua pedagang yang sudah ikut program mATM. Pedagang mATM bisa dikenal dari Logo Layanan mATM di toko mereka. Untuk melakukan pembayaran barang di pedagang mATM atau menarik uang tunai di merchant mATM, nasabah hanya perlu memberikan nomor ponselnya ke merchant tersebut. Setelah transaksi dikirim oleh merchant, Bank Mandiri akan meminta nasabah pembeli untuk otorisasi transaksi tersebut di ponsel anda.
Nasabah dianjurkan untuk review transaksi tersebut sebelum memasukkan PIN. Setelah PIN dimasukkan, Bank Mandiri akan mengirim notifikasi SMS bahwa transaksi pembayaran sudah BERHASIL dan rekening nasabah sudah didebit senilai jumlah pembelian barang/jasa. Pada SMS notifikasi/konfirmasi transaksi tersebut terdapat detil transaksi termasuk nomor referensi yang dikemudian hari dapat dipakai untuk menanyakan transaksi tersebut di Call Mandiri 14000 atau (021) 52997777.
Setelah transaksi selesai diproses oleh sistim Bank Mandiri, merchant mATM Mandiri akan menerima notifikasi SMS yang sama bahwa pembayaran sudah BERHASIL dan dikredit ke rekening merchant. Sesudah menerima notifikasi SMS dari Bank Mandiri, nasabah pembeli akan menerima barang yang dibeli atau menerima uang tunai dari pedagang tersebut.
Fitur SMS Banking Mandiri yang dapat dinikmati oleh merchant mATM Mandiri dengan kartuHALO mPOS adalah transaksi m-Banking dan transaksi mATM. Adapun fitur mATM Mandiri terdiri dari pembelian barang dan tarik tunai, dan akan menyusul fitur pengiriman uang (mobile remittance). Sementara fitur transaksi perbankan yang dapat dinikmati sangat beragam mulai dari cek saldo, 5 transaksi terakhir, sampai dengan pembayaran tagihan Telkom, PLN, pembayaran tagihan semua GSM/CDMA, pembelian pulsa isi ulang semua GSM/CDMA, pembelian tiket Garuda dan notifikasi SMS secara real time on line 24 jam sehari 7 hari seminggu.
Dalam kerjasama merchant mATM ini, Bank Mandiri menunjuk PT e-Mobile Indonesia dalam melakukan pendaftaran merchant mATM Mandiri di seluruh Indonesia. Bagi Anda nasabah Bank Mandiri yang memiliki bisnis/toko dan tertarik untuk menjadi pedagang/merchant mATM Mandiri, silakan hubungi :
PT eMobile Indonesia
Telp : 021-3503936
Fax : 021-3506079
E-mail : matm@emobile.co.id
Pembahasan
2.1 Unit Analisi Penilaian ATM yang digunakan pada kelompok ini
Berdasarkan teori – teori yang kami dapatkan, pada penilaian analisis ATM ini kami menggunakan unit analisis Correctness (kebenaran), efficiency (efesiensi), reliability (keandalan), Empathy (empati). Unit analisis yang kami ambil disesuaikan dengan kebutuhan dalam analisis.
2.1.1 Kategori dalam unit analisis
Dalam unit analisis, kami bagi kembali menjadi beberapa kategori.
2.2.2 Unit analisis correctness
Pada unit analisis correctness, kategorinya adalah kelengkapan informasi dan fitur tambahan.
• kelengkapan informasi (completeness)
dimana informasi yang harus tersedia yaitu, adanya konfirmasi transaksi, informasi sisa saldo, struk transaksi, no yang dapat dihubungi jika terjadi masalah.
• Fitur tambahan
Apakah sisa saldo tercetak pada struk transaksi dan apakah ada fitur – fitur tambahan yang lain.
2.2.3 Unit analisis Reliability
Pada unit analisis reliability, kategorinya adalah ATM online 24 jam, keragaman layanan, jaringan ATM, fasilitas ATM bersama dan penanganan error.
• ATM online 24 jam
Apakah ATM tersebut beroperasi selama 24 jam
• Keragaman layanan
keragaman layanan meliputi, layanan pembayaran listrik, pembayaran telepon, pembelian pulsa, pembayaran pajak, pembayaran angsuran, pembayaran tiket pesawat, transfer rekening sesama bank dan antar bank, debet card, dan lain - lain.
• Jaringan ATM
Apakah tergabung dalam jaringan ATM lain dan jumlah jaringan ATM yang bekerja sama.
• Fasilitas ATM bersama
Apakah termasuk dalam ATM bersama
• Penanganan error
Penanganan apabila terjadi kesalahan, seperti uang tidak tersedia atau uang tidak mencukupi atas permintaan transaksi di ATM.
2.2.4 Unit analisis efficiency
Pada unit analisis efficiency, kategorinya adalah kecepatan proses, yang terdiri dari kecepatan akses, kecepatan transfer, dan kecepatan transaksi penarikan. Dibandingkan kecepatan transaksi antara tiga ATM Bank yang dianalisis.
2.2.5 Unit analisis usability
Pada unit analisis usability, kategorinya adalah kemudahan proses, penggunaan, communicativeness, dan petunjuk penggunaan
• Kemudahan penggunaannya
apakah alur menu atau tahapan – tahapannya jelas dan mudah dimengerti
• communicativeness
pemilihan bahasa dan peringatan untuk mencabut kartu setelah transaksi.
• Petunjuk penggunaan
dilihat apakah dari ketiga ATM Bank yang dianalisis terdapat petunjuk penggunaan, antara lain petunjuk – petunjuk yang ada pada setiap menu dan cara memasukan kartu.
2.2.6 Unit analisis integrity
Pada unit analisis integrity, kategorinya adalah security ,yaitu pengingat penggantian PIN dan penutup tombol.
2.2.7 Rumus Perhitungan
Rumus pengukuran yang digunakan adalah:
Fa = w1c1 + w2c2 + … + wncn Dimana:
• Fa adalah nilai total dari faktor a
• wi adalah bobot untuk kriteria i
• ci adalah nilai untuk kriteria i
Kemudian tahapan yang harus kita tempuh dalam pengukuran adalah sebagai berikut:
• Tahap 1: Tentukan kriteria yang digunakan untuk mengukur suatu faktor
• Tahap 2: Tentukan bobot (w) dari setiap kriteria (biasanya 0 ≤ w ≤ 1)
• Tahap 3: Tentukan skala dari nilai kriteria (misalnya, 0 ≤ nilai kriteria ≤ 10)
• Tahap 4: Berikan nilai pada tiap kriteria
• Tahap 5: Hitung nilai total dengan rumus Fa = w1c1 + w2c2 + … + wncn
Analisis ATM
3.1 Analisis ATM Bank BNI
Aspek – aspek yang dianalisis antara lain :
Correctness
• Kelengkapan informasi
Pada ATM Bank BNI informasi yang ada antara lain, jika telah selesai melakukan transaksi maka ada konfirmasi yang menyatakan transaksi berhasil dan transaksi selesai , informasi sisa saldo akan muncul jika selesai melakukan transaksi, informasi sisa saldo juga bisa dilihat dengan menggunakan kartu ATM tanpa harus melakukan transaksi, struk transaksi akan keluar jika telah selesai melakukan transaksi, tetapi tidak ada nomer yang dapat dihubungi jika terjadi masalah, seperti kartu tertelan.
• Fitur tambahan
Terdapat keterangan sisa saldo pada bagian bawah struk transaksi dan berita – berita terbaru mengenai pengguna ATM.
Reliability
• ATM online 24 jam
ATM Bank BNI beroperasi selama 24 jam.
• Keragaman layanan
Terdapat layanan pembayaran flexi trendy, pembayaran telepon, speedy, PLN, PBB, pembelian pulsa antara lain Mentari, Matrix, Halo, Simpati, Mobile 8, dan XL, transaksi valuta asing, terdapat layanan transfer sesama BNI dan antar bank yang termasuk ATM bersama, tetapi tidak bisa debet card.
• Jaringan ATM
tergabung dalam jaringan BPD Net online, jackcard, Western union, dan Samsat Drive Thru,
• Fasilitas ATM bersama
Tergabung dalam ATM bersama.
• Penanganan error
Jika ketersedianan uang habis di ATM akan muncul pesan ketika melakukan transaksi, seperti jika uang di ATM tidak mencukupi untuk transaksi maka akan muncul pesan saat ini uang tidak tersedia.
Efficiency
• Kecepatan transaksi
Dibandingkan dengan ATM lain yang dianalisis, yaitu ATM MAndiri, kecepatan transaksi ATM BNI lebih cepat dibandingkan ATM Mandiri.
Usability
• Kemudahan penggunaannya
terdapat panah yang mengarah ke tombol dan setiap tahapan – tahapannya jelas. Dimulai dari opening yang berisi informasi ATM kepada pengguna, pemilihan bahasan, informasi keragaman layanan, konfirmasi untuk masukan PIN, menu pengambilan tunai, menu utama. Terdapat konfirmasi kesalahan memasukan PIN, jika PIN yang dimasukan salah tidak akan bisa masuk ke menu utama atau pemilihan paket penarikan.
• communicativeness
terdapat dua pemilihan bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dan tidak ada peringatan untuk mencabut kartu setelah transaksi.
• Petunjuk penggunaan
Terdapat petunjuk penggunaan berupa teks.
Integrity
• Security
Tidak terdapat pengingat penggantian PIN pada menu awal atau ketika ATM pertama kali dibuka dan tidak ada penutup tombol.
Tabel Penilaian:
No. Unit Analisis Kategori Bobot
(0-1) Nilai
(1-10) Total
1 Kebenaran Kelengkapan Informasi
Fasislitas Tambahan 1
0,6 10
6,6 13,6
2 Keandalan ATM Online 24 Jam
Keragaman Layanan
Jaringan ATM
ATM Bersama
Penanganan Error 0,7
1
0,8
0,8
1 10
9
3
10
8 34,4
3 Efisiensi Kecepatan Transaksi 0,6 10 6
4 Penggunaan Kemudahan Penggunaan
Komunikasi
Petunjuk Penggunaan 1
0,7
0,8 8
10
8 21,4
5 Integritas Keamanan 1 7 7
Jumlah 82,4
3.2 Analisis ATM Bank Mandiri
Aspek – aspek yang dianalisis antara lain :
Correctness
• Kelengkapan informasi
Pada ATM Bank Mandiri informasi yang ada antara lain, jika telah selesai melakukan transaksi maka ada konfirmasi yang menyatakan transaksi berhasil dan transaksi selesai , informasi sisa saldo akan muncul jika selesai melakukan transaksi, informasi sisa saldo juga bisa dilihat dengan menggunakan kartu ATM tanpa harus melakukan transaksi, struk transaksi akan keluar jika telah selesai melakukan transaksi, terdapat nomer yang dapat dihubungi jika terjadi masalah seperti kartu tertelan.
• Fitur tambahan
terdapat keterangan sisa saldo pada struk transaksi dan terdapat informasi baru bagi pengguna pada struk transaksi.
Reliability
• ATM online 24 jam
ATM Bank DKI beroperasi selama 24 jam.
• Keragaman layanan
Terdapat layanan pembayaran tagihan listrik, pembayaran tagihan telepon, pembelian voucher Handphone antara lain Flexi, Fren , 3, dan Esia, pembayaran tagihan kartu kredit, pembayaran tiket maskapai penerbangan, multipayment, PAM, mandiri prabayar, pajak, travel agent, terdapat layanan transfer sesama bank dan antar bank yang termasuk ATM bersama, terdapat layanan e-BankingI untuk kemudahan bertransaksi, dan juga bisa debet card. Selain menggunakan Kartu Mandiri, Mandiri ATM juga melayani transaksi menggunakan kartu Mandiri VISA, Kartu BSM, kartu berlogo Link serta kartu berlogo Visa/Plus/Visa Electron.
• Jaringan ATM
tergabung dalam jaringan ATM link dan ATM visa
• Fasilitas ATM bersama
Tergabung dalam ATM bersama.
• Penanganan error
Jika ketersedianan uang habis di ATM atau tidak mencukupi untuk permintaan transaksi akan muncul pesan transaksi tidak dapat dilakukan.
Efficiency
• Kecepatan transaksi
Dibandingkan dengan ATM lain yang dianalisis, yaitu ATM BNI, kecepatan transaksi ATM Mandiri lebih lambat dibandingkan ATM BNI.
Usability
• Kemudahan penggunaannya
Terdapat panah yang mengarah ke tombol dan setiap tahapan – tahapannya jelas. Dimulai dari pemilihan bahasa, masukan PIN, menu utama, pemilihan penarikan, tetapi tidak ada konfirmasi kesalahan memasukan PIN, jika PIN yang dimasukan salah tetap akan masuk ke menu utama, PIN baru ketahuan salah ketika mau melakukan transaksi
• communicativeness
Terdapat dua pemilihan bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dan terdapat peringatan pada layar untuk mencabut kartu setelah transaksi, berupa gambar lepas kartu, disertai peringatan berupa bunyi.
• Petunjuk penggunaan
Terdapat petunjuk penggunaan berupa teks dan gambar cara memasukan kartu.
Integrity
• Security
Tidak terdapat pengingat penggantian PIN, tetapi terdapat penutup tombol.
Tabel Penilaian:
No. Unit Analisis Kategori Bobot
(0-1) Nilai
(1-10) Total
1 Kebenaran Kelengkapan Informasi
Fasislitas Tambahan 1
0,6 9
7 12,5
2 Keandalan ATM Online 24 Jam
Keragaman Layanan
Jaringan ATM
ATM Bersama
Penanganan Error 0,7
1
0,8
0,8
1 10
9
3
10
7 33,4
3 Efisiensi Kecepatan Transaksi 0,6 10 6
4 Penggunaan Kemudahan Penggunaan
Komunikasi
Petunjuk Penggunaan 1
0,7
0,8 8
9
8 20,7
5 Integritas Keamanan 1 8 8
Jumlah 80,6
KESIMPULAN
No. Unit Analisis Kategori Bobot
(0-1) Nilai
(1-10) Total
1 Kebenaran Kelengkapan Informasi
Fasislitas Tambahan BNI
Mandiri
BNI
Mandiri 1
0,6 10
9
6,6
7 BNI =13,6
Mandiri = 12,5
2 Keandalan ATM Online 24 Jam
Keragaman Layanan
Jaringan ATM
ATM Bersama
Penanganan Error
BNI
Mandiri
BNI
Mandiri
BNI
Mandiri
BNI
Mandiri
BNI
Mandiri
0,7
1
0,8
0,8
1 10
10
9
9
3
3
10
10
8
7
BNI = 34,4
Mandiri = 33,4
3 Efisiensi Kecepatan Transaksi BNI
Mandiri 0,6 10
10 BNI = 6
Mandiri = 6
4 Penggunaan Kemudahan Penggunaan
Komunikas1
Petunjuk Penggunaan
BNI
Mandiri
BNI
Mandiri
BNI
Mandiri 1
0,7
0,8 8
8
10
9
8
8 BNI = 21,4
Mandiri = 20,7
5 Integritas Keamanan BNI
Mandiri 1 7
8 BNI = 7
Mandiri = 8
Nama ATM Jumlah Nilai
BNI 82,4
Mandiri 80,6
Berdasarkan hasil analisis terhadap dua ATM, yaitu ATM BNI dan ATM Mandiri dapat disimpulkan bahwa ATM BNI memiliki nilai tertinggi dengan 82.4. Dimana pada ATM BNI memiliki lebih banyak jaringan ATM, yaitu BPD online, ATM prima, mastercard, maestro, ATM link, BANKCARD (MEPS) dan cirrus. Pada petunjuk penggunaannya terdapat petunjuk berupa teks dan animasi gambar, animasi cara memasukan kartu, cara memasukan PIN, dan melepas kartu.
Dalam hal kemudahan penggunaannya terdapat konfirmasi kesalahan memasukan PIN, jika PIN yang dimasukan salah tidak akan bisa masuk ke menu utama atau pemilihan paket penarikan, dan terdapat peringatan pada layar untuk mencabut kartu setelah transaksi, berupa gambar lepas kartu, disertai peringatan berupa bunyi. Selain itu ATM BNI dapat mengganti PIN ATM di tempat, tanpa harus ke kantor cabang BANK BNI terdekat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar